MedanSumut

Alfitriani Siregar: Pembelajaran Mobile Learning Menjadi Tuntutan Di Era Pandemi

MEDAN,SUARA24.COM Kegiatan Pengabdian Masyarakat di sekolah (23/05/2022) tempo hari, dilakukan disekolah MTs Teladan Medan yang perlu pembimbingan dalam pelatihan kepada guru-guru.

Berdasarkan pernyataan Presiden Jokowi melontarkan bahwa “Siapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi” Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berpengaruh besar pada dunia pembelajaran era endemi ini, maka model-model pembelajaran yang akan mempermudah peserta didik dan guru mulai dikembangkan.

Setelah muncul model e-learning lalu hybrid learning, kemudian muncul pembelajaran mobile learning. Menurut Dosen FKIP UMSU Alfitriani Siregar, S.Pd., M.Ed, “M-Learning merupakan model pembelajaran menggunakan teknologi seluler atau perangkat smartphone yang membutuhkan koneksi ke internet melalui fasilitas Wireless, Fiber Optic, Satelit dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti penggunaan aplikasi, video, zoom online, menyajikan teks, gambar, dan audio”.

Menggunakan media teknologi memberikan pembelajaran interaktif yang berkualitas sehingga menjadikan peserta didik yang kreatif, aktif dan inovatif baik itu daring atau luring, “tambahnya dalam memberikan keterangan pada Selasa (07/06/2022).

Dilokasi yang sama, setelah melakukan pelatihan kepada guru-guru, Ibu Nina Afriani Harahap,S.Pd sebagai Kepala Sekolah mengatakan, “mindset tentang kurangnya kuota, lemahnya signal, dan tertinggalnya pengetahuan teknologi tidak mengurangi giat memanfaatkan smartphone sebagai media pengantar materi pelajaran, sebagai synchronous course, menonton youtube edukatif, mencari materi dari google, membuat bahan ajar melalui comic.page selama pembelajaran online dan tatap muka”.

“Keikutsertaan guru-guru dan mahasiswa merasakan antusias mendapatkan ilmu pelatihan dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi secara tatap muka”, bebernya kembali.(Rizky)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close