MedanPendidikanSumut

Bank Indonesia Fasilitasi Program Riset Ilmiah USU

MEDAN,SUARA24.COM- Universitas Sumatera Utara bersama Bank Indonesia menyelenggarakan Diseminasi Hasil Riset, Program Sosialisasi Hibah Penelitian Bank Indonesia (RGBI)-Program Bantuan Penelitian (Banlit) dan Promosi Journal of Central Banking Law and Institution (JCLI) Bank Indonesia, acara ini diadakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU yang berlokasi di Jl Dr. T. Mansur No9 Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Pada Selasa 22 Maret 2022.

Pada Kesempatan ini ,Sekretaris Universitas Sumatera utara Prof. Dr. dr. M. Fidel Ganis Siregar, M.Ked (OG),SpOG(K) mengatakan bahwa riset yang dilakukan oleh para akademisi dan mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat dan menjadi solusi penting atas berbagai masalah-persoalan ekonomi dan bidang-bidang lainnya yang dihadapi masyarakat. Hasil dari riset itu nantinya akan diterbitkan di JCLI Bank Indonesia.
“USU sebagai salah satu insititusi pendidikan turut berkontribusi pada program riset dari Bank Indonesia dalam rangka JCLI tadi, ternyata jurnal ini kuartil 2 scopus, setiap penelitian muaranya publish,” ujar Fidel

Fidel Ganis juga menambahkan , Produk-produk ilmiah dari USU harus diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat untuk mempermudah kehidupan serta meningkatkan sektor ekonomi yang menjadi penggerak pembangunan.
“Perguruan tinggi di era industri 4.0 bukan lagi sebagai menara gading yang memberi jarak terhadap masyarakat, melainkan sebagai pemecah masalah yang menyajikan jawaban-jawaban atas permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara,” lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Bank Indonesia Institute Yoga Affandi, Ph.D mengatakan, kebijakan yang dibuat harus berlandaskan riset yang kuat, oleh karena itu pembuat kebijakan harus dekat dengan akademisi, salah satunya USU Untuk itu, Bank Indonesia akan memfasilitasi riset yang akan dilakukan oleh USU untuk meningkatkan ketajaman kebijakan.

“Sumber-sumber akademik salah satunya di USU ini, Setelah ini diharapkan juga hubungan antara Bank Indonesia dengan USU dan universitas lainnya di Sumatera Utara akan semakin rekat,” tutup yoga.(Apri)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close