BudayaMedanSosialSumut

BPCB Kemendikbud Aceh Bersama LEMPABUDTI YIHLP kunjungi ODCD

MEDAN,SUARA24.COM- Balai Pelesatrian Cagar Budaya(BPNB) Prov Aceh Kemendikbud bersama LEMPABUDTI YIHLP mengunjungi beberapa lokasi Objek Bangunan Rumah Ibadah yang diduga cagar Budaya(ODCB) di kota Medan, pada Rabu, 23 November 2022.

Pada kunjungan kebeberapa lokasi Bangunan Rumah Ibadah objek diduga cagar Budaya(ODCB) dikota Medan ini, dihadiri langsung oleh kepala BPCB (BPNB) Prov Aceh Kemendikbud, Drs.Normatias, sementara itu dari LEMPABUDTI YIHLP dihadiri oleh, ketua dewan kehormatan tetap, Kwik Sam Ho yang di dampingi oleh ketua pembina, Ade Chandra beserta Alex Tjong.

Adapun lokasi rumah ibadah yang di kunjungi meliputi Vihara, Kwan Tek Kong di jalan. irian barat, Vihara, Pekong lima di jalan. Sutomo dan Rumah Ibadah, Macho Nio Nio di jalan pandu, dimana pada setiap lokasi yang dikunjungi ditemukan bukti sejarah singkat dalam bentuk tulisan kaligrafi Tionghoa, yang diterjemahka/ dijelaskan oleh Kwik Sam Ho kepada kepala BPCB, ujar Ade kepada pewarta dilapangan.

Ade, juga menjelaskan bahwa beberapa lokasi ini adalah sebagian kecil dari jumlah ODBC yang perlu dikaji yang ada dikota medan, dimana data yang telah kami dapat nantinya akan segera kami laporkan secara tertulis ke pihak BPCB, tentunya pihak LEMPABUDTI YIHLP akan tetap berkoordinasi dengan Pihak Dinas Kebudayaan yang menjadi tupoksi dari lembaga kita.

Tidak lupa kami ucapan terima kasih kepada Kepala BPCB Aceh yang telah bersedia turun kelapangan bersama kami, dalam mendukung program Pemko Medan atas Keputusan Walikota Medan no: 433/28.K/X/2021 Tentang Bangunan, Situs, Kawasan dan struktur sebagai Cagar Budaya Kota Medan tertanggal 28 oktober 2021, sambung Ade.

Dimana dari tabel data yang kita peroleh terdapat sebanyak 93 objek yg telah terdaftar di pemko medan, namun sudah terdapat 2 lokasi ruang publik milik etnis Tionghoa yaitu No.07/CB/B/2021, (rumah Tjong afie) dan No.93/CB /B/2021 ( vihara siu san keng ) ungkap Ade mengakhiri wawancara.(Edy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close