DairiSidikalangSumut

Bupati Dairi Bagikan Dokumen Kependudukan ke Masyarakat Lingga Raja II Kecamatan Pegagan Hilir

DAIRI,SUARA24.COM- Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bagikan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke Warga Desa Lingga Raja II Kecamatan Pegagan Hilir, Rabu (16/12) yang mengambil tempat di SD 030329 Kebun Sibabi Desa Lingga Raja II.

Hadir dalam dalam kegiatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE,M.Si, Camat Pegagan Hilir Abdimar Tamba, S.Sos, Kepala Desa Lingga Raja II Rudolf Sitanggang dan seluruh masyarakat Desa Lingga Raja II.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi datang mengunjungi masyarakat yang ada di Desa untuk menyelesaikan seluruh masalah dokumen Administrasi kependudukan.

“Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Dukcapil bekerja sama dengan perangkat Kecamatan dan Desa datang mengunjungi masyarakat untuk mengatasi masalah yang dihadapi khususnya permasalahan identitas. Kegiatan Jemput Bola atau disingkat “jempol” merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Dairi, dimana saat Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Dukcapil telah melakukan kegiatan ini sebanyak 25 kali kunjungan ke Desa se – Kabupaten Dairi dalam Tahun 2020”.

Bupati Dairi juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi akan mengunjungi seluruh Desa se – Kabupaten Dairi secara bertahap untuk menunjukkan perubahan karena dahulu untuk mengurus surat-surat sangat sulit, harus mengantri dan lain-lain. Sekarang melalui perubahan menjadikan kemudahan buat kita, Pemerintah yang datang untuk melayani seluruh masyarakat di Desa.

Dihadapan masyarakat Desa Lingga Raja II, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menyampaikan bahwa telah melaunching aplikasi Perkebbas pada hari Jadi Kabupaten Dairi yang 73, tepat pada tanggal 1 Oktober 2020 yang lalu sebagai sarana untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kependudukan Masyarakat Dairi.

“Aplikasi Perkebbas adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang dapat dipergunakan seluruh Masyarakat Kabupaten Dairi untuk memudahkan, mempercepat serta transparan dalam urusan administrasi kependudukan”, ujar Bupati Dairi.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Dukcapil Dairi, Deddy Situmorang, SE,M. Si menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan pelayanan Jempol adalah pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap pendudukan melalui penerbitan dokumen kependudukan secara cepat dan tepat khususnya di Desa Lingga Raja II Kecamatan Pegagan Hilir, peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencapaian target cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Dairi.

Ia juga menambahan bahwa dalam pelayanan “Jempol” ini akan menuntaskan dan menyelesaikan seluruh dokumen kependudukan antara lain Kartu Keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan dan Akta Kematian.

Camat Pegagan Hilir Abdimar Tamba, S.Sos dalam sambutannya dihadapan Bupati Dairi dan masyarakat Desa Lingga Raja II yang hadir dalam acara pembukaan mengatakan pengurusan dokumen kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi agar dilaksanakan secara konsisten sehingga memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat di Kecamatan Pegagan Hlir, mengingat jarak dari Pusat Kecamatan Pegagan Hilir ke Sidikalang sangat jauh.

Sedangkan Kepala Desa Lingga Raja II Rudolf Sitanggang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dairi yang hadir mengunjungi Desa Lingga Raja II dan memfasililtasi pelaksanaan pelayanan Administrasi Kependudukan sehingga seluruh kendala selama ini dapat diselesaikan dengan tuntas.

Setelah acara pembukaan, Bupati Dairi menyerahkan secara simbolis dokumen adminduk kepada Masyarakat Desa Lingga Raja II antara lain Dokumen Kartu Keluarga (KK) kepada Dedi Armana Barus, Akta Perkawinan kepada pasangan Henri Silalahi dan Romsi Simbolon, Akta Lahir kepada Fikri Aswin Lingga dan Kartu Identitas Anak kepada Nadia Sesilia Situmorang.

Hasil pelayanan “Jempol” di Desa Lingga Raja II antara Kartu Keluarga sebanyak 27 dokumen, Akta Kelahiran sebanyak 77 Akta , Akta perkawinan sebanyak 4 Akta, Perekaman KTP_el sebanyak 32 orang, dan pencetakan KIA sebanyak 375 keping.

Pejabat dan staf Dinas Dukcapil yang ikut dalam pelayanan Jempol antara lain Amudi Naiborhu, S.Sos Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk), Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Indra Simanjutak, S.Kom Kasi Pengolah dan Penyajian Data, Nurdingse Simbolon Kasi Perkawinan dan Perceraian, Yohana P Ketaren, SE Kasi Kelahiran, Jentta Sinaga Kasi Pendataan Pendudukan, Rosline Munthe Kasi Identitas Kependudukan, Hendra Simare-mare, Reimon Nababan, Lely Yanti Simamora, A.Md, Reimon Nababan, Pasti Pandiangan, Pangondian Sihombing, Awardi Manullang, Roganda Sihombing dan staf.(Roy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close