DairiSidikalangSumut

Dukcapil Dairi Kunjungi Warga Tanjung Saluksuk untuk layani kebutuhan Administrasi Kependudukan

DAIRI,SUARA24.COM- Untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan publik khususnya dalam pelayanan dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Dairi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi kunjungi Warga Desa Tanjung Saluksuk, Kecamatan Pegagan Hilir, Selasa (27/10) bertempat di SD Negeri 034788 Saluksuk.

Bupati Dairi, DR. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib memfasilitasi peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan melalui kegiatan jemput bola atau yang disebut ‘Jempol’ sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan.

Dia juga menambahkan bahwa Kegiatan Jempol merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Dairi untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi di kabupaten dairi sehingga pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap penduduk melalui penerbitan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi juga mengajak seluruh masyarakat Desa Bongkaras untuk mempergunakan aplikasi Perkebbas untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan Administrasi Kependudukan yang dilayani secara daring.

ÔÇťAplikasi Perkebbas merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang dapat dipergunakan seluruh masyarakat kabupaten Dairi untuk memudahkan, mempercepat serta transparan dalam urusan administrasi kependudukan, dimana aplikasi tersebut merupakan salah satu perwujudan perubahan pelayanan dibawah kepemimpinan DR. Eddy Keleng Ate Berutu bekerja dalam mewujudkan Dairi Unggul,” kata Bupati Dairi dalam sambutan yang dibacakan Kadis Dukcapil Dairi.

Radot Sigalingging Kepala Desa Tanjung Saluksuk didampingi Nemer Sigalingging Sekretaris Desa dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk mengurus seluruh dokumen kependudukannya agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki identitas yang sah. Ia juga menambahkan bahwa kesempatan yang baik ini jangan disiasiakan seluruh masyarakat.

Selanjutnya, Plt. Camat Pegagan Hilir Parbumbunan Sagala sangat apresiasi atas kegiatan yang dilakukan Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi sampai di Desa Tanjung Saluksuk Kecamatan Pegagan Hilir. Ia mengharapkan agar dapat mengunjugi desa-desa yang lain di Kecamatan Pegagan Hilir.
Di tempat pelayanan Jemput Bola, SD Negeri 034788 Saluksuk.

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE.,M.Si mengatakan pelayanan Jempol ini akan dilaksanakan selama 1 hari penuh, mulai pagi sampai sore, dengan semua Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil mulai dari pengurusan Kartu Keluarga, Perekaman dan Pencetakan KTP-El, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta kelahiran, Akta Perkawinan dan Akta Kematian.

Dia mengatakan hasil pelaksanaan Jempol hari ini yakni kartu Keluarga sebanyak 40 KK , Akta Lahir sebanyak 80 Akta , Akta kawin sebanyak 6 Akta, Perekaman KTP_el sebanyak 19, Pencetakan KTP-el sebanyak 42 KTP dan KIA sebanyak 117.

Disela-sela kegiatan pelayanan dilakukan penyerahan Dokumen Adminduk secara simbolis kepada masyarakat Tanjung Saluksuk, antara lain KTP kepada Ronny Habehaan, Akta Kelahiran kepada Ramot Saragi dan Hizkia Sihotang, Akta Perkawinan kepada pasangan Hasiholan Rajagukguk dan Jusriwati Pane, Kartu Kelurga kepada Jahuta Pasaribu, Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Eggy Brian Lingga dan Ella Yani Banjarnahor.

Dalam kegiatan pelayanan Jempol di Desa Tanjung Saluksuk, pejabat dan staf Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi yang ikut dalam pelayanan tersebut antara lain Amudi Naiborhu, S.Sos Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk), Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Hendra Imran Purba, SH Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil (Capil), Nurdingse Simbolon Kasi Perkawinan dan Perceraian, Yohana P. Ketaren, SE Kasi Kelahiran, Rumintang Asti Siadari Kasi Sistem Infromasi Administrasi Kependudukan, Rosline Munthe Kasi Identitas Kependudukan, Listra Sumihar Pasaribu, SE Kasi Inovasi Pelayanan, Hendra Simaremare, Reimon Nababan, Lely Yanti Simamora, A.Md, Pasti Pandiangan dan staf lainnya.(Roy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close