DairiSumut

Kadis Dukcapil Dairi Lakukan Monitoring Penggunaan Perkebbas di Puskesmas Sitinjo, Puskesmas Tiga Baru & Puskesmas Sigalingging

DAIRI,SUARA24.COM- Untuk mewujudkan Dairi Unggul khususnya dalam pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Dairi, seluruh Puskesmas di Kabupaten Dairi telah dapat menerbitkan Akta Kelahiran kepada masyarakat yang selesai bersalin. Ini merupakan salah satu wujud PERUBAHAN pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, ujar Kadis Dukcapil Dairi disela-sela kunjungannya ke Puskesmas Sitinjo, Puskesmas Tiga Baru dan Puskesmas Sigalingging, Selasa (26/01).

Kadis Dukcapil Dairi juga menambahkan kunjungan yang dilakukannya saat ini merupakan kegiatan monitoring penggunaan aplikasi perkebbas dalam penerbitan Akta Kelahiran kepada ibu-ibu yang telah selesai bersalin di Puskesmas.

Monitoring ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama antara Dinas Dukcapil Dairi dengan seluruh Puskesmas se – Kabupaten Dairi yang dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2020, dimana dalam penandatanganan kerjasama tersebut disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Ruspal Simarmata. Adapun kerjasama yang disepakati adalah percepatan penerbiatan Akta Kelahiran di seluruh Puskesmas di Kabupaten Dairi.

“Program ini harus dipastikan berjalan diseluruh Puskesmas di Kabupaten Dairi dalam melayani seluruh masyarakat karena ini salah satu upaya untuk mewujudkan Visi Dairi Unggul dalam mengimplementasi misi ke – 5 dalam meningkatkan kualitas infrastruktur daerah dan Pelayanan administrasi publik yang transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informatika dibawah kepemimpinan Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu”, jelas Deddy.

Lebih lanjut Kadis juga mengatakan bahwa kunjungan hari ini merupakan kunjungan ke 13 Puskesmas dari 18 Puskesmas se – Kabupaten Dairi yang telah dilaksanakan mulai dari minggu lalu.

“Semoga dalam waktu dekat dapat menuntaskan mengunjungi seluruh puskesmas dan berharap atas kunjungan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan mempergunakan perkebbas sebagai sarana percepatan penerbitan akta kelahiran di puskesmas”, beber Kadis Dukcapil Dairi.

Sedangkan Kepala Puskesmas Sigalingging dr. Benny Christoni Purba dalam penjelasannya mengatakan sudah mempergunakan perkebbas dalam menerbitkan akta lahir kepada masyarakat yang bersalin di puskesmas.

“Memang masih sedikit dokumen yang kami terbitkan kepada masyarakat, akan tetapi kedepan kami akan tingkatkan penggunaan perkebbas untuk lebih maksimal lagi,”, tutur Kapus Sigalingging.

Kunjungan Kadis Dukcapil ke 3 Puskesmas tersebut diterima langsung Kapus Sitinjo drg. Lusianna Hayatri, Kapus Sigalingging dr. Benny Christoni Purba didampingi OPR. Perkebbas Risdawani Sihombing dan Kapus Tigabaru dr. Elfida Purba yang diwakili oleh Operator Perkebbas Yenni Lumban Gaol. Sedang dari Dinas Dukcapil yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah Sekretaris Dinas Dukcapil Rayambong S.Sitohang, ST, M.AP, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Hetty Nuriaty Pardede, SH., Kasi Inovasi Pelayanan Listra Sumihar Pasaribu, SE, Aswandi Simanullang dan Steve Tambunan.(Roy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close