DairiSidikalangSumut

Kadis Dukcapil Dairi Mengunjungi BPJS Kesehatan Dairi

DAIRI,SUARA24.COM- Untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Dairi, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE.,M.Si didampingi Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Simon Tonny Malau, S.Kom, M.AP mengunjungi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Dairi yang diterima langsung Kepala BPJS Kesehatan Dairi, Radiah Nazmah Sari, di Ruang Kerja Kantor BPJS Kesehatan Dairi Jl. Kepas No. 13 Kota Sidikalang (Senin, 12/10).


Dalam pertemuan tersebut, Kadis Dukcapil menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan ke BPJS Kesehatan Dairi sebagai rangkaian kegiatan koordinasi dalam menjalin komunikasi yang baik dengan BPJS, dimana BPJS merupakan salah satu instansi yang telah memanfaatkan data kependudukan dalam melakukan penyelenggaraan jaminan sosial kepada seluruh masyarakat.


Deddy juga mengatakan bahwa dalam mendukung perubahan pelayanan publik yang telah dicanangkan Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu dalam Mewujudkan Dairi Unggul yang Menyejahterakan Masyarakat dalam Harmoni Keberagaman, perlu terus dilakukan inovasi dan terobosan dalam melaksanakan tugas dan fungsi terutama dalam peningkatan pelayanan Adminitrasi Kependudukan.


“Kunjungan kami ke BPJS Kesehatan, untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat dimana sering data Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak terkonsolidasi dengan baik, sehingga masyarakat kesulitan dalam mendaftar atau mempergunakan layanan BPJS secara maksimal”, kata Deddy Situmorang.
Deddy berharap agar permasalahan data NIK yang tidak terkonsolidasi dapat cepat teratasi, dengan tidak saling menyalahkan atau melempar tanggung jawab sehingga pelaksanaan Jaminan Sosial kepada seluruh Masyarakat Dairi dapat benar-benar dirasakan manfaatnya secara maksimal.
Di tempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Dairi, mengatakan bahwa kerjasama Dukcapil Dairi dengan BPJS Kesehatan selama ini telah terjalin dengan baik, sehingga semua keluhan masyarakat secara bertahap dapat teratasi dengan baik.


“Kami menyadari bahwa masih banyak data NIK di Kabupeten Dairi yang belum terkonsolidasi karena sistem data di Kemendagri. Secara bertahap melalui pertemuan ini, permasalahan data tersebut dapat kita atasi bersama”, harapan Sari.
Disela-sela kunjungan tersebut, Kadis Dukcapil menjelaskan sekaligus mempromosikan penggunaan aplikasi Perkebbas kepada Kepala BPJS Kesehatan Dairi, dimana aplikasi tersebut dapat dibuka melalui link https://perkebbas.dairikab.go.di yang nantinya diharapkan dapat dipergunakan dalam meningkatkan kualitas pelayanan Adminduk yang Lebih Mudah, Lebih Cepat dan Transparan. (Roy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close