Pakpak BharatSumut

Lagi, warga Aceh Ditemukan Positif Covid-19 Dipos Lae Ikan Pakpak Bharat

PAKPAK BHARAT,SUARA24.COM- Petugas gabungan Polri-TNI, dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat di pos penyekatan Lae Ikan Kec. STTU. Jehe, tidak bosan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sejumlah kendaraan yang melintas di perbatasan Kabupaten Subulussalam Prov. Aceh – Kabupaten Pakpak Bharat Prov. Sumut.

Ini kesekian kalinya ditemukan warga aceh yang melintas di Pos Sekat Lae Ikan Polres Pakpak Bharat Positif Covid-19. Kali ini adalah seorang oknum perjalanan berinisial MA, laki-laki, (42), beralamat di Desa Koto Kec. Kluet Tengah Kab Aceh Selatan Prov. Aceh. 24/05/21.

Bermula pada saat pemeriksaan swab antigen secara acak terhadap 13 (tiga belas) orang pelaku perjalanan yang melintas di Pos Pam penyekatan Lae Ikan Desa Tanjung Mulia Kec. STTU Jehe Kab. Pakpak Bharat yang mana dari 13 (tiga belas) orang yang dilakukan Swab ditemukan 1 (satu) orang yang suhu tubuhnya melebihi 37° C.

Setelah dilakukan konfirmasi, hal tersebut dibenarkan oleh Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah P. Hasibuan, SIK MH mengatakan, bahwa hingga pada saat ini Polres Pakpak Bharat masih melakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) sebagai lanjutan dari Ops Ketupat Toba 2021 dan berhasil lagi menemukan seorang pengendara mobil minibus Toyota Avanza Inisial MA yang datang dari Kab. Subulussalam yang akan menuju Medan kemudian diberhentikan petugas Pos Pam penyekatan dan ketika dilakukan Test Swab Antigen yang bersangkutan Positif Covid 19.

Begitu juga setelah dikonfirmasi Kasat Narkoba Polres Pakpak Bharat AKP Satria Sembiring selaku Ka Pos Pam mengatakan,”bahwa awak yang menumpangi Mini Bus datang dari Kabupaten Subulussalam Prov Aceh dengan tujuan Medan, tiba di Pos Pam penyekatan perbatasan Kab. Pakpak Bharat dengan Kab. Subulussalam Prov. Aceh, tepatnya di Pos Pam Penyekatan Dusun Lae Ikan Desa Tanjung Mulia Kec. STU Jehe Kab. Pakpak Bharat.

Kemudian dilakukan pemeriksaan Administrasi SIKM dan hasil RT-PCR atau Swab Antigen dan ternyata tidak memiliki SIKM dan Hasil RT-PCR, lalu dilakukan pengecekan suhu tubuh ternyata suhu tubuh SR tidak stabil dan sangat tinggi, lalu dilakukan Swab Antigen dan pengambilan sample oleh petugas kesehatan, hasil Swab/Tes Antigen  Positif.

Petugas kesehatan Pos Pam Lae Ikan juga melakukan koordinasi dengan Kabid PSDK Dinas Kesehatan Subulussalam Raudah Desty yang bertugas di Pos Pam Terpadu Timbangan Subulussalam Prov. NAD. Selanjutnya menyerahan pasien kepada Kabid PSDK Dinas Kesehatan Subulussalam Raudah Desty di Pos Pam Terpadu Timbangan Subusalam Prov. NAD untuk penanganan lebih lanjut.

Dari hasil Koordinasi dan atas permintaan keluarga warga bermohon agar diperkenankan kembali ke daerah asalnya melakukan isolasi dan sehingga MA positif Covid-19 diperkenankan kembali ke daerah asalnya untuk isolasi mandiri.

Hingga hari ini seluruh petugas gabungan Pos Penyekatan bersama intansi terkait juga lebih intensif melakukan pemeriksaan dan Tes Swab Antigen/pengambilan sampling bagi setiap masyarakat yang melakukan perjalanan khususnya dari Prov Aceh masuk ke Prov. Sumut.

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bahrat bekerja sama dengan Polres Pakpak Bharat Polda Sumut dan Kodim 0206 Dairi melakukan penyekatan di dua titik perbatasan Kab. Pakpak Bharat dengan Prov. Aceh  dan kabupaten Dairi lainnya guna mengantisipasi pergerakan warga yang melaksanakan perjalanan tanpa membawa surat bebas Covid akan dilakukan Test Swab Antigen Covid-19 untuk menekan penyebaran Covid-19.

Selain kendaraan pribadi, Truk dan bus yang melintas di pos penyekatan juga dihentikan untuk dilakukan pemeriksaan. Selain itu, dalam penyekatan dan razia pemudik petugas juga melakukan tes urine terhadap sopir-sopir antarkota yang melintas Kab. Pakpak Bharat

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close