MedanSosialSumut

LEMPABUDTI YIHLP Kunjungan Kerja ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara

MEDAN,SUARA24.COM- Senin 17 Oktober 2022, Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa YIHLP ( Yayasan Istana harta lima penjuru ) adakan kunjungan ke dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Sumatera Utara dalam agenda pemaparan dan sosialisasi kegiatan yang sedang berlangsung dan direncanakan kedepannya oleh YIHLP dalam memajukan kebudayaan Tionghoa di Sumatra Utara.

Pada kunjungan ini pihak LEMPABUDTI YIHLP dihadiri oleh Ketua pembina, Ade Chandra dan Ketua perwakilan kota Medan, Edy Candra yang di sambut langsung oleh kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, S.sos, M.si.

Dalam sambutannya Kadis Budpar Sumut , menyampaikan apresiasi atas berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh LEMPABUDTI YIHLP beserta dengan team kajian ErC Fisip USU dalam menggali informasi tentang kebudayaan Tionghoa yang ada di Sumatera Utara.

“Kita akan selalu mendukung setiap program kerja semua lembaga penggiat budaya dalam mensosialisasikan dan mensukseskan program pemerintah dalam pemajuan kebudayaan yang telah diamanatkan dalam UU no. 5 / 2017, ujar Zumri.

Dikesempatan ini pihak LEMPABUDTI YIHLP melalui ketua pembina, Ade Chandra menyampaikan beberapa program kerja yang sedang berjalan dan agenda kegiatan yang akan dijalankan kedepannya kepada kadis Budpar yang merupakan zona dialog tentang kebudayaan di provinsi Sumatera Utara.

Ade, juga menyampaikan beberapa kendala menjalankan program dari yayasan dalam menggali informasi tentang kebudayaan Tionghoa yang ada di Sumatera Utara dan meminta bimbingan serta dukungan dari dinas Kebudayaan dan Pariwisata, agar dapat lebih mudah dalam mencari informasi tentang kebudayaan Tionghoa di Sumut.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua perwakilan YIHLP kota Medan, “masih banyak potensi kebudayaan Tionghoa di Sumatra Utara yang bisa di kaji dalam pemajuan kebudayaan”, jadi kita berharap dari dinas juga bisa selalu memberikan arahan dan dukungan dalam pelaksanaan nya, ucap Edy.

Diakhir kunjungan, kadis Budpar memperlihatkan beberapa contoh buku rangkuman tentang beberapa kajian kebudayaan yang ada di NKRI, kepada pihak LEMPABUDTI YIHLP dengan harapan kedepannya Sumatra Utara juga memiliki, buku kajian tentang kebudayaan Tionghoa di Sumatra Utara yang bisa menjadi konsumsi publik dan bermanfaat untuk generasi muda kedepannya, sebagai catatan sejarah budaya NKRI. (Apri)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close