DairiSidikalangSumut

Pelayanan Jempol Adminduk ke10 Sukses Terlaksana Di Desa Pangaribuan Siempat Nempu Hulu

DAIRI,SUARA24.COM Pelayanan Jemput Bola (Jempol) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi ke 10 sukses terlaksana di Desa Pangaribuan Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Balai Desa Pangaribuan, Jumat (26/03).

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si membaca sambutan tertulis Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dihadapan Masyarakat Desa Pangaribuan mengatakan pelayanan Jemput Bola atau dikenal dengan PELAYANAN JEMPOL merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Dairi meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan Jempol ini merupakan pelayanan adminduk yang ke 10 Tahun 2021 dengan target pelayanan sebanyak 43 Desa. Melalui target pelayanan tersebut, Dinas Dukcapil Dairi akan menuntaskan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Dairi.

Pelayanan ini merupakan komitmen yang sungguh-sungguh dari Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah Pemerintahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bekerja untuk wujudkan visi misi DAIRI UNGGUL”, kata Bupati Dairi dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan bahwa pelayanan yang dilakukan saat ini agar dimanfaatkan seluruh masyarakat Desa Pangaribuan dalam mengurus dan menyelesaikan seluruh dokumen yang diperlukan sehingga pelayanan ini benar-benar tepat sasaran.

“Hari ini jenis pelayanan pengurusan dokumen kependudukan diberikan kepada masyarakat seperti pengurusan akta lahir, akta perkawinan, akta kematian, perekaman dan pencetakan KTP-el dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Semua layanan dokumen kependudukan tersebut akan diselesaikan hari ini dan diserahkan langsung kepada masyarakat”, tutur Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Sementara itu, Camat Siempat Nempu Hulu Iis Ujung Hamidah Ujung, S.Sos, MAP yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Tomy M. Sitompul dalam sambutannya menyambut baik atas pelaksanaan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di Kecamatan Siempat Nempu Hulu khususnya di Desa Pangaribuan.

“Pada kesempatan ini, kami berharap kepada seluruh masyarakat Desa Pangaribuan benar-benar memanfaakan kesempatan yang baik ini untuk memeriksa kembali dokumennya dan mengurusnya sehingga dokumen kependudukannya lengkap”, kata Tomy M Sitompul.

Sedangkan Kepala Desa Pangaribuan Sahat MH. Lingga dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Desa Pangaribuan Torang WF Simamora mengucapkan terimakasih atas kunjungan pelayanan Dinas Dukcapil Dairi ke Desa Pangaribuan karena momentum ini sangat dinanti-nantikan seluruh masyarakat Desa Pangaribuan dalam menuntaskan kepemilikan Dokumen Kependudukan.

“Masih banyak masyarakat kami belum memiliki dokumen kependudukan yang lengkap. Semoga melalui kegiatan ini dapat dituntaskan karena melalui kepemilikan dokumen kependudukan, seluruh hak-hak setiap individu dapat dipenuhi apalagi saat ini sudah berbasiskan NIK tunggal. Ayo seluruh masyarakat Desa Pangaribuan untuk mempergunakan kesempatan yang baik ini, jangan disia-siakan”, ajak Kades Pangaribuan yang diwakili Sekdes Torang WF Simamora.

Disela-sela pelayanan yang dilakukan, Kepala Dinas Dukcapil Deddy Situmorang bersama Camat Siempat Nempu Hulu Iis Ujung Hamidah Ujung, S.Sos, MAP yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Tomy M. Sitompul dan Kades Pangaribuan Sahat MH. Lingga menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan seperti Akta Lahir kepada Glen Adiputra Situmorang, Akta Kawin kepada pasangan Likjen Purba dan Musti Karya Panggabean, Kartu Keluarga Kepada Baik Sitinjak, KTP-el kepada Masilian Zai dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Dorliana Lasro Purba.

Dari lokasi pelayanan, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan hasil dari pelayanan Jempol di Desa Pangaribuan antara lain Perekaman KTP-el sebanyak 28 orang, Cetak KTP-El sebanyak 66 Keping, Kartu Keluarga sebanyak 37 KK, Akta lahir sebanyak 100 akta, Akta Kawin sebanyak 31 akta, Rekam KIA sebanyak 172 orang, Cetak KIA sebanyak 297 Keping dan SKPWNI sebanyak 1 dokumen.

Pejabat dan staf Dinas Dukcapil yang ikut dalam pelayanan JEMPOL antara lain Kabid PIAK Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP, Kasi Perkawinan dan Perceraian Nurdingse Simbolon , Kasi Perubahan Status Anak, Kewarganegaraan dan Kematian Marlinawati Saragih, kasi Pindah Datang Penduduk Hetty Malina Sitorus, SH, MAP, Kasi Identitas Penduduk Rosaline Munthe, Pasti Pandiangan, Hendra Supreddi Simare-mare, Raimon Nababan, Pangondian Sihombing, Marleon Steve Willyam Tambunan, Esfit Naibaho dan Awardi Manullang. (Roy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close