MedanSumut

Pemuda Pakpak Indonesia Hadir Di Indonesia “Alam Suin Berutu, SH. MH, Sebagai Ketua Umum Terpilih Secara Aklamasi

MEDAN, SUARA24.COM- Sesuai jadwal yang direncanakan, Panitia Pembentukan Pengurus dan Deklarasi berdirinya Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) secara resmi dibuka oleh Ketua Panitia Alam Suin Berutu, SH. MH, di Rumah Makan ACC Jl.Gatot Subroto, Komplek Tomang Elok Kota Medan. Sabtu (27/11/21).

Dalam suatu pembentukan Organisasi, ada dua mekanisme pemilihan pengurus yang dipilih melalui panitia pemilihan pengurus dalam suatu organisasi. Dua sistem pemilihan yaitu melalui Voting dan keputusan bersama (Aklamasi).
Dimana diketaui, Aklamasi adalah adalah proses pengambilan keputusan dimana 100 persen anggota memiliki suara yang sama, atau suara yang dihasilkan dalam rapat adalah hasil keputusan bersama dari semua peserta.

Nah !, inilah hasil yang terlaksana dalam kegiatan Pembentukan Pengurus dan Deklarasi Ormas Pemuda Pakpak Indonesia (PPI). Tata tertib acara Pembentukan Pengurus dan Deklarasi yang dibawakan oleh Sekretaris Panitia Ihwan Bancin, SH disepakati oleh peserta undangan Rapat Organisasi PPI diambil keputusan bersama untuk pemilihan Mandataris KSB Pusat (Ketua Umum, Sekretaris Jendral, Bendahara Umum) Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) masa bakti 2201-2026 akan dilakukan melalui keputusan dan kesepakatan bersama peserta Rapat (aklamasi) tanpa ada pungutan suara ( Voting).

Selanjutnya melalui keputusan bersama diantara para peserta yang hadir, di sepakati Untuk Mandataris sebagai Ketua Umum, sekretaris Jendral dan Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) disepakati,
1. Alam Suin Berutu, SH. MH sebagai ketua Umum
2. Ihwan Bancin,SH sebagai Sekretaris Jendral
3. Elena Br Tumangger sebagai Bendahara Umum

INI KATA PENGURUS TERPILIH
Ketua Umum terpilih secara aklamasi, Alam Suin Berutu, SH. MH mengatakan dihadapan para peserta anggota rapat rasa syukur mendalam kepada Tuhan Yang Maha Esa atas amanah dan kepercayaan dirinya diberikan amanah untuk memimpin DPP PPI.

Dirinya juga mengatakan, setelah diberikan Mandataris ini, segera akan membentuk Pengurus DPP PPI Pusat, dan akan segera melakukan pengukuhan Pengurus diawal tahun 2022.
Alan Suin Berutu mengatakan, dirinya akan lakukan pengukuhan pengurus pusat di Kabupaten Dairi.

Dirinya beralasan Kenapa Dairi ?, karena Kabupaten Dairi salah satu basis etnis suku Pakpak ada di Indonesia. Jadi nanti kita akan rencanakan Pelantikan Pengurus DPP PPI akan kita adakan di bulan Januari tahun 2022 di Kabupaten Dairi, tegasnya.

Dijelaskan lagi oleh nya, bahwa dibentuknya Organisasi PPI ini adalah untuk menjadikan gerbong pemersatu dan wadah berkarya bagi Pemuda/i suku pakpak khususnya dalam bingkai kebhinekaan, berbangsa dan bernegara.

Ruang lingkup pengurus organisasi ini luas, bukan saja ada di Sumatera Utara, kita akan kembangkan Organisasi ini sampai tingkat Nasional, baik itu Propinsi, Kota Kabupaten yang ada di Indonesia, itu harapan kita, tutup Alan Suin Berutu dalam memaparkan sambutannya.

Sementara, Sekretaris Jendral DPP PPI Ihwan Banchin, SH terpilih secara aklamasi, sebelum dilakukan pelantikan atau pengukuhan pengurus pusat PPI, dirinya segera berkordinasi dan mengabarkan serta mengundang kepada lima Suak kesukuan yang ada di Pakpak Bharat.

Organisasi Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) ini adalah organisasi masyarakat etnis kepemudaan. Dari nama nya saja kita ketaui kental dengan nama kesukuan, artinya secara luas kita memiliki harapan agar kedepannya organisasi ini dapat menyatukan putra putri terbaik asal Pakpak yang berada di seluruh Nusantara.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close