DairiSumut

Percepatan Kepemilikan Akta Kawin dan Akta Lahir, Kadis Dukcapil Jalin Kerjasama dengan HKBP Perkembangan Sidikalang

DAIRI,SUARA24.COM- Untuk percepatan kepemilikan Akta Kawin dan Akta Lahir, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengunjungi HKBP Perkembangan Ressort Sidikalang III Distrik VI Dairi yang diterima langsung pimpinan Gereja Pdt. Nikson Siburian, S.Th, M.Th di Kantor HKBP Ressort Sidikalang III, Jl. Pahlawan No 172 Sidikalang Keluharan Batang Beruh Kecamatan Sidikalang, Kamis (25/02).

Dalam kunjungan ke gereja tersebut, Kadis Dukcapil Dairi menjelaskan bahwa maksud dan tujuannya untuk menjalin kerjasama dengan seluruh rumah-rumah ibadah di Kabupaten Dairi khususnya saat ini yang berada di pusat kota sidikalang adalah untuk mempercepat kepemilikan Akta Perkawinan dan Akta Kelahiran dirumah – rumah ibadah sehingga diharapkan dapat mendekat pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) kepada Masyarakat Dairi.

“Melalui kerjasama ini, Dinas Dukcapil akan langsung menerbitkan akta perkawinan dan akta kelahiran, ketika dilakukan pemberkatan kudus maupun baptisan kudus. Pihak Gereja akan mempergunakan aplikasi Perkebbas sebagai media dalam mengajukan permohonan akta kawin dan akta lahir. Tidak perlu lagi pihak gereja datang ke Dinas dukcapil untuk mengantar permohonan, cukup mengajukan melalui perkebbas. Semua dapat lebih cepat, lebih mudah dan tuntas.”, tutur Deddy.

Semua terobosan dan inovasi ini merupakan komitmen yang sungguh-sungguh dari Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam melakukan PERUBAHAN pelayanan publik khususnya dalam urusan Administrasi Kependudukan. Aplikasi Perkebbas adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang telah di launching Bupati Dairi dalam HUT Kabupaten ke 73 Tahun 2020.

Sementara itu, dari kompleks Gereja HKBP Ressort Sidikalang III Pdt. Nikson Siburian, S.Th, M.Th dalam keterangannya menyampaikan kesediaan untuk bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Dairi dalam penerbitan Akta Kawin dan Akta lahir untuk berperan dalam melayani masyarakat khususnya ruas HKBP perkembangan.

“Kerjasama dengan Dinas Dukcapil telah dilakukan mulai tahun 2017 sampai Tahun 2019, akan tetapi tahun 2020 berhenti. Ini juga menjadi pertanyaan seluruh ruas di gereja. Akan tetapi dengan datangnya Dinas Dukcapil yang langsung dipimpin Kadis Dukcapil Dairi, kami menyambut baik dan akan menugaskan petugas dari Gereja untuk belajar ke Dinas Dukcapil dalam mempergunakan aplikasi sehingga kerjasama dapat diwujudkan dengan baik”, kata Pdt. Nikson Siburian, S.Th, M.Th.

Dalam kunjungannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si didampingi Kabid PDIP Hetty Nuriaty pardede, SH dan Kasi Inovasi Pelayanan Listra Sumihar Pasaribu, SE.(Roy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close