Ekonomi dan BisnisLampungLampung Utara

Program Irigasi Terwujud Para Petani Berterimakasih

LAMPUNG UTARA- Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) maju sari yang ada di Desa Sawojajar kecamatan Kotabumi Utara kabupaten Lampung utara ,tahun ini kembali mendapat alokasi anggaran Rp195 juta
Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Irigasi ( P3A-TGAI ) yang dananya dari APBN melalui Salasatu program pemerintahan pusat , yang harus kita dukung dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kelompok tani persawahan”

Senada yang di katakan Nurhidayat selaku ketua kelompok (P3A) Maju sari, kepada awak media kegiatan ini dalam rangka penyediaan air irigasi bagi sawah masyarakat, yang menjadi salah satu kunci untuk mendukung peningkatan produksi pangan.

Secara khusus pemberdayaan P3A ini untuk menguatkan kelembagaannya menjadi mandiri. Sehingga dapat berperan aktif dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan irigasi, terutama jaringan tersier secara partisipatif.

“Kemudian memperkuat kelembagaan P3A sampai memiliki status hukum dan meningkatkan kemampuan sumber daya pengurus dan anggota, Untuk itu kemampuan teknis pengairan dan pemeliharaan infrastruktur menjadi keharusan.
P3A sebagai pensuplai air harus memahami target-target produksi yang harus dicapai sehingga diperlukan pemahaman yang baik akan kebutuhan air bagi pertumbuhan tanaman,” jelasnya.”
04/12/2020/Jum’at

P3A sebagai lembaga sosial harus menyadari kebutuhan air yang semakin meningkat namun ketersediaan air semakin terbatas. Disamping itu, mengingat peran P3A sebagai pengatur air pasti berhadapan dengan berbagai elemen masyarakat sehingga harus mampu mengatasi berbagai konflik kepentingan air.

Salah satu contoh P3A yang mampu mengatasi faktor keterbatasan ketersediaan air adalah kelompok P3A Maju sari yang ada di Desa sawojajar Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung utara
Yang menarik dari kelompok ini adalah upaya mengelola air irigasi.

Nurhidayat selaku ketua P3A mewakili kelompok
Masyarakat Desa Sawojajar mengucapkan Terimakasih, yang setinggi tingginya kepada pemerintah Pusat, melalui Aspirasi dari Anggota DPR-RI Drs. H. Tamanuri, M.M., dan Anggota DPRD Provinsi Lampung Mardiana, S.T., M.T., dari Fraksi Nasdem, yang telah mealokasikan bantuan berupa pembangunan Program Percepatan Peningktan Tata Guna Air Irigasi (P3GAI) tahun 2020.

“Alhamdulillah mas tahun ini kami mendapat bantuan, dari pemerintah berupa pembangunan irigasi, ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kami selaku petani, Dengan adanya irigasi ini kami akan mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier yang sudah dibangun, serta mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani, terimakasih dan bersyukur atas bantuan tersebut, mudah mudahan kedepannya pemerintah dapat terus menggulirkan program bantuan yang bermanfaat bagi petani tutupnya.(Dy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close