Ekonomi dan BisnisLangkatSumut

PT PLN dan Pemko Medan Resmikan BBJP Menjadi Bahan Baku Co Firing PLTU Pangkalan Susu

LANGKAT,SUARA24.COM- Pemerintah Kota Medan dan PT PLN (Persero) UIKSBU melaksanakan seremoni peresmian tentang penelitian dan pengelolaan sampah Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) menjadi bahan baku Co Firing PLTU Pangkalan Susu, bertempat Camping Ground TPA Terjun, Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (22/12) lalu.

Adapun bahan bakar jumputan padat (BBJP) yang merupakan kegiatan pengelolahan sampah berasal dari rumah tangga maupun sampah organik yang ada di kota Medan yang terpusat di TPA Terjun.

Hal tersbut disampaikan, Budi selaku Humas PT Idonesia Power OMU Pangkalan Susu, Jum’at (23/12/2022) Sekira Pukul 16.00 WIB.

“Kegiatan pengolahan BBJP ini merupakan kerjasama antara pemerintah kota medan dengan PT PLN (Persero) UIKSBU tentang penelitian dan pengembangan pengelolaan sampah menjadi BBJP bahan baku Co Firing PLTU Pangkalan Susu,” ujar Budi selaku Humas PLTU.

Lanjut Humas, adapun program ini sebagai program pemerintah tentang pencapaian energi baru dan terbarukan (ebt) dalam baruan energi nasional mencapain 23% pada tahun 2025 yang dibreakdown menjadi listik dan non listrik.

” Ini sebagai program pemerintah untuk mencapai energi baru dan terbarukan (ebt) dalam baruan energi nasional mencapai 23% pada tahun 2025 yang dibreakdown menjadi listik dan non listrik,”ketusnya.

Dalam peresmian tersebut, General Manager PLN IP Pangkalan Susu Trisno Widayat menjelaskan. Manfaat program ini melalui BBJP Plant, sampah yang menumpuk di TPA Terjun dapat termanfaatkan sebagai bahan baku Co Firing.

“Guna mendukung program Pemerintah melalui Green Power Plant di PLTU Pangkalan Susu, dimana PLTU ini menjadi penopang utama kelistrikan di Sumatera Bagian Utara yaitu mencapai 30%.” ungkap General Manager.

Pada kesempatan yang sama, Syarifuddin dalam kesempatannya menyampaikan, berterima kasih kepada PLN atas kontribusi dan apresiasi perhatian pada lingkungan khusunya Kota Medan dalam pengelolaan sampah yang menjadi manfaat.

“Terimakasih kepada PLN atas kontribusi dan apresiasi perhatian pada lingkungan khusunya Kota Medan,”ketusnya.

Dimana dalam peresmian tersebut juga dilaksakannya penyatunan anak-anak yatim piatu di sekitar TPA dan ditandai dengan pemotongan pita lalu penekanan tombol peresmian keberangkatan perdana truk yang membawa BBJP ke PLTU Pangkalan Susu.

Turut hadiri dalam kegiatan peresmian, Pemko Medan yang diwakili oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Syarifuddin Irsan Dongoran, Manajemen UIKSBU yang diwakili oleh SRM KKU Dadang Hardiana , Ketua Co Firing PLN Kantor Pusat Teuku Khaldun, EVP RIE Suparlan , Sekcam Marelan , tamu undangan serta anak-anak yatim piatu sekitar TPA. (T/R)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close