Deli SerdangMedanSumut

Rupanya Ini Barometer Sukses nya Acara Puncak Ritual Cheng Beng 2022

MEDAN,SUARA24.COM- Acara puncak perayaan ritual Cheng Beng Sumut 2022 yang melibatkan 30 lembaga Tionghoa baik dari Lembaga Yayasan, Komunitas dan pendukung se- Sumatera Utara, yang di gelar pada Minggu, 10 April 2022. Bertempat di Perkuburan Sentana Abadi jln. Medan – Lubuk Pakam, Tanjung Morawa, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dihadiri oleh ratusan umat/ penziarah dari kalangan pengurus yayasan Sosial maupun lembaga komunitas Tionghoa Se Sumatra Utara ini berjalan dengan baik dan sukses, atas kerja keras Seluruh team panitia dan pihak pihak terkait.

Dimana pada momen ini dihadiri oleh Direktorat KMA KEMENDIKBUD RISTEK RI, yang di wakili oleh pamong budaya ahli muda, Drs. Arif Wijaya. Asisten I Bupati Deli Serdang, Drs. Efendi Capah. Kadis Budpar Propinsi Sumatera Utara, Zhumry Sulthony. Kadis Disporaparbud Kab. Serdang Bedagai, Drs. Zulfikar, Camat Tanjung Morawa, OPD Kabupaten Deli Serdang, Pengiat Budaya Kabupaten Deli Serdang, Pengiat seni dan budaya sejumlah Komunitas Thionghoa beserta segenap Pengurus, Peneliti dan Dosen Antropologi FISIP USU yang tergabung dalam Etnografik Research Center (ERC) FISIP USU juga sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Kehormatan Tetap YIHLP, Kwik Sam Ho menyampaikan bahwa perayaan ritual chengbeng sumut 2022 ini merupakan pertama kalinya digelar secara bersama dengan kehadiran pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, hal ini merupakan bukti kongkrit perhatian pemerintah terhadap kemajuan dan pelestarian budaya, khususnya budaya etnis Tionghoa, ucapnya

Kwik juga berpesan “tidak ada alasan apapun bagi etnis tionghoa untuk tidak berbuat, dan pada kesempatan ini saya menghimbau kepada semua para ketua yayasan, komunitas dan lembaga tionghoa khususnya yang ada di Sumut untuk saatnya berkolaborasi bersama sama membantu pemerintah dalam mendorong majunya kebudayaan dalam bingkai NKRI yang kita cinta ini, tuturnya lagi.

Pada kesempatan ini saya juga sampaikan terimakasih kepada Pemkab deli serdang yang telah membuka akses untuk menjadi tuan rumah perayaan ritual chengbeng tahun 2022, dimana bisa membuka peluang untuk etnis tionghoa dalam mendukung program Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan. dalam memajukan budaya maupun pertumbuhan ekonomi di kabupaten Deli Serdang, ungkap kwik mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Ketua Pembina YIHLP, Ade Chandra, SH. MM. menyampaikan bahwa Yayasan Istana Harta Lima Penjuru melalui Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa akan menjadi lembaga terdepan pemajuan dan pelestarian budaya tionghoa, khususnya di Sumatra Utara serta akan melakukan kerjasama baik sesama lembaga tionghoa maupun lintas lembaga lainnya,

Dimana dalam tahap awal kita dari pihak YIHLP, melalui Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa telah melakukan MOU dengan ERC (etnografik reseach center) fakultas ilmu sosial dan ilmu politik USU, tentang pengkajian budaya tionghoa nusantara khususnya budaya tionghoa sumatera utara, sambung Ade.

“Menurut laporan humas yayasan, tim kajian ERC USU juga sudah melakukan riset ke lapangan dan mengumpulkan data-data sebagai bahan kajian, yang dimana harapan kita kedepannya kita bisa mendapatkan dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata prov. Sumatera Utara dan semua pihak terkait untuk mensukseskan agenda pelestarian Budaya Tionghoa tersebut, ungkap Ade menutup sambutan.

Sementara itu asisten 1 pemkab Deli Serdang dalam kata sambutan nya menyampaikan apresiasi pemerintah kab. Deli Serdang, atas nama bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan yang sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh YIHLP (yayasan istana harta lima penjuru) sebagai lembaga yang turut ambil andil untuk memajukan dan membangun kab. Deli Serdang dalam hal pemajuan serta pelestarian budaya, khususnya budaya tionghoa, ucap Efendi.

Terpantau awak media dilapangan acara puncak perayaan ritual Cheng Beng Sumut 2022 berjalan dengan baik dan penuh hikmah, dimana pada penutupan acara pihak Pemkab memberikan piagam penghargaan kepada pihak YIHLP selaku penggagas kegiatan festival ritual chengbeng sumut 2022, beserta semua instansi terkait yang terlibat, terlihat saling bertukar piagam dan cinderamata, dan di sematkan dengan foto bersama.(Edy)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close