Deli SerdangSumut

Taman Bacaan Masyarakat Desa Kolam Kabupaten Deli Serdang Sebagai Sarana Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Penulis : Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd
 
DELI SERDANG, SUARA24.COM-
Desa Kolam merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dimana Desa ini memiliki taman bacaan yang ditujukan sebagai sarana menumbuhkan minat baca masyarakat.

Namun disebabkan Pandemi Covid-19 membuat taman bacaan yang berada di Jalan Sukmo Desa Kolam Kabupaten Deliserdang ini tidak lagi berfungsi sebagaimana tujuan awal taman baca tersebut didirikan.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan Pak Miswanto selaku Ketua Komunitas Desa Anak Kolam, penurunan minat pengunjung taman bacaan disebabkan oleh desain lokasi yang kurang ditata dengan baik. Adapun penyebabnya yaitu :Koleksi taman baca yang kurang Variatif dan tidak diperbaharui, Pembatasan Sosial yang diberlakukan selama masa pandemi Covid-19, dan kurangnya pemahaman Komunitas Anak Desa Kolam dan Karang Taruna tentang pengelolaan taman baca yang menarik dan sesuai dengan standar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Maka dari itu, atas dasar permasalahan ini, telah disepakati sebuah solusi untuk memberikan penguatan tata kelola taman baca masyarakat kepada Komunitas Anak Desa Kolam dan Karang Taruna Desa Kolam dan menjadikan taman baca tersebut sebagai sarana belajar anak di masa Covid–19.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 30 Juli 2021 di “Taman Bacaan Masyarakat Melati” Jl. Sukmo Dusun XII Desa Kolam. Adapun tujuannyauntuk memberikan penguatan pemahaman kepada mitra yaitu Komunitas Anak Desa Kolam dan Karang Taruna Pelangi Desa Kolam tentang tata kelola taman baca desa sebagai sarana pendukung belajar anak di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang diketuai oleh Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd dan dua orang anggota yaitu Waliyul Maulana Siregar, S.Pd., M.Pd, Jubaidah Hasibuan S.Pd., M.Pd. dan Lala Jelita Ananda, S.Pd. serta 3 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed, Kepala Desa Kolam bapak Jufri Purwanto, Pembina Karang Taruna Desa Kolam bapak Miswanto, dan sejumlah 35 orang peserta dari Mitra PKM (Komunitas Anak Desa Kolam dan Karang Taruna Desa Kolam).

Pada kegiatan ini, mitra diberikan bimbingan dan penguatan tentang tata kelola taman bacaan masyarakat di masa Covid-19 melalui pemaparan materi oleh Narasumber Jubaidah, S.Pd., M.Pd (Ahli Pendidikan Masyarakat). Materi yang diberikan berisi tentang teknis pengelolaan taman baca masyarakat yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar anak di masa Pandemi Covid-19. Melalui kegiatan ini dihasilkan sebuah buku pedoman Pengelolaan Taman Baca Masyarakat sebagai sarana belajar anak di Masa Pandemi Covid-19.

Dengan didanai oleh PNBP Unimed 2021, tim PKM menyediakan Pojok Literasi beserta Koleksi Bahan Bacaan bagi anak serta Permainan Tradisional untuk Taman Bacaan Masyarakat Melati di Desa Kolam ini. Pojok literasi juga dilengkapi galon air sebagai sarana pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan tangan, juga Standing Banner yang berisi informasi sebagai aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung pada saat berkunjung ke taman baca, mengingat saat ini masih dalam kondisi Pandemic Covid-19.

Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, Taman Bacaan Masyarakat telah menjadi salah satu fasilitas bagi anak-anak di lingkungan Desa Kolam sebagai pendukung kegiatan belajar anak selama masa pandemi Covid – 19.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close