MedanSumut

Universitas Islam Negeri Sumut Mengadakan Seminar Internasional “Alquran, Pembangunan, dan Masyarakat Bermartabat

MEDAN,SUARA24.COM- Dalam kegiatan MTQ Provinsi Sumatera Utara ke 38 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan UIN Sumatera Utara, mengadakan seminar Internasional mengenai “Alquran, Development, dan Dignified Society” di Kantor Gubernur Sumatera Utara yang berlokasi di Jl Pangeran Diponegoro No.30, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Pada Selasa 22 Maret 2022 .

Pada kegiatan seminar ini tampak hadir Kyai Haji Miftahul Achyar (Rais Am PB NU dan MUI), Musa Rajeckshah, MSi (Wakil Gubernur Sumatera Utara), Drs. Amri Siregar, M.Ag (Kepala Kantor Kementerian Agama wilayah Sumatera Utara), Dr. H. Maratua Simanjuntak, M.Ag (Ketua MUI Sumut) beserta 150 orang yang berasal dari beragam instansi seperti PTKIS se Sumatera Utara, para tokoh ormas Islam, instansi pemerintah, aktivis kepemudaan dan mahasiswa.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Sumut, H.Musa Rajeckshah, S.Sos , M.hum membuka secara resmi seminar tersebut dengan harapan Alquran sebagai nilai kehidupan dapat diterapkan dalam kehidupan di Sumatera Utara, dimana pada konteks ini Musa Rajeckshah merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan visi kepemimpinannya bersama bapak gubernur Edy Rahmayadi dengan mewujudkan masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat, tuturnya.

Sementara itu, Kyai Haji Miftahul Akhyar, selaku pembicara kunci dalam seminar ini menyampaikan beberapa pokok pikirannya diantaranya “
Pertama, Alquran merupakan sumber pengetahuan dan petunjuk bagi seluruh kehidupan masyarakat tidak akan diselenggarakan dalam penyelenggaraan pemerintah.
Kedua, Alquran memberikan pedoman bagaimana suatu masyarakat berinteraksi, dan bagaimana tata kehidupan publik dikelola dengan berorientasi pada kemashlahatan bagi masyarakat itu sendiri. Kemudian, kemashlatan itu akan membawa berkah dan ridha Allah SWT.
Ketiga, Alquran dalam banyak hal dapat mengubah karakter seseorang dari yang tidak toleran dan keras hati menjadi tenggang rasa dan lemah lembut, ujarnya.

Kyai Miftah juga menambahkan , harapannya melalui seminar Alquran ini, Pemerintah dan masyarakat di Sumatera Utara dapat mengambil inspirasi dan pelajaran dari Alquran untuk menjadi masyarakat yang bermartabat dan diberkahi oleh Allah Swt, tutupnya pada akhir sambutan.

Disisi lain Rektor UIN Sumatera Utara, Pof. syahrin harahap mengatakan bahwa seminar Internasional mengenai Alquran dan Masyarakat bermartabat ini merupakan bagian dari komitmen sivitas UIN Sumatera Utara dalam mendukung pemerintahan Gubernur Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, untuk menciptakan masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat, ungkapnya

Syahrin juga menyatakan bahwa kehadiran Rais ‘Am selaku Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kyai Haji Miftahhul Achyar adalah merupakan kehormatan bagi kami di UIN Sumatera Utara dan masyarakat, karena bisa mendapat pencerahan secara langsung dari Kyai yang sangat inspirasi dan manfaat bagi kita semua, ucap syahrin.(Huda/Tm)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close