Ekonomi dan BisnisMedanPendidikanSumut

UPT TI2PB UNDHAR Menyelenggarakan PWHM Tahun 2022

MEDAN,SUARA24.COM- Selama masa pandemi, banyak sekali bisnis yang berjalan tidak semestinya. Hal ini menyebabkan pemasaran dengan cara konvensional sudah tidak begitu bisa diharapkan karena aktivitas jual beli pun mulai bergeser ke arah bisnis online, dimana media sosial menjadi sarana pemasaran yang efektif.

Keberadaan para pelaku UMKM yang tersebar di kota Medan berhasil mencuri perhatian masyarakat terkait kualitas produk yang dihasilkan, meliputi UMKM bergerak di bidang Industri Kreatif, Kerajinan Tangan, Makanan dan Minuman, Kedai Kopi, Desa Wisata, dan Jasa Wisata.


Hal inilah yang mendorong Unit Pelaksana Teknis Teknologi Inovasi dan Inkubasi Pusat Bisnis (UPT TI2PB) Universitas Dharmawangsa menyelenggarakan Pekan Wirausaha Himpunan Mahasiswa Tahun 2022 selama 6 hari terhitung 18-23 Juli 2022.


Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan UPT TIPDA, UPT Laboratorium, dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan dan himpunan – himpunan mahasiswa di lingkungan UNDHAR. Berfokus pada peningkatan jumlah mahasiswa berwirausaha yang mampu berdaya saing di Dunia Usaha Dunia Industri sesuai dengan visi misi Universitas Dharmawangsa.

Umar Hamdan Nasution, S.E, M.M selaku Kepala UPT TI2PB mengatakan “Merasa sangat senang karena PWHM UNDHAR ini Alhamdulillaah berjalan dengan baik meskipun dengan persiapan yang cukup singkat dan memperoleh dukungan serta partisipasi dari berbagai pihak. Kerinduan yang dirasakan oleh keluarga besar Dharmawangsa akan suasana Pekan Wirausaha Kampus cukup terobati dengan adanya kegiatan ini dan mampu membangkitkan semangat wirausaha dikalangan himpunan mahasiswa sebagai penggerak Wirausaha Muda Dharmawangsa”.ujarnya.


Beberapa himpunan mahasiswa UNDHAR yang ikut serta memeriahkan PWHM Tahun 2022 : HMM (Himpunan Mahasiswa Manajemen), HMA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi), HIMADA (Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi), HIMAREPELU (Himp Mahasiswa Rekayasa Perangkat Lunak), HIMASI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi), HIMTEK (Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi), IMPAD (Ikatan Mahasiswa Perikanan Dharmawangsa), HIMFAI (Himpunan Fakultas Agama Islam), HIMAKUM (Himpunan Mahasiswa Hukum), HIMASDHAR (Himpunan Mahasiswa FISIP UNDHAR).


Himpunan mahasiswa bertugas membuat jadwal petugas, food and bavarage, mendata mahasiswa/i yang berwirausaha, membuat laporan perkembangan usaha, upload foto dan video ke IG himpunan & tagged IG @upt_ti2pb_undhar.

Ananda Hadi Elyas, S.Kom, M.Kom selaku Kepala UPT TIPDA menambahkan “Mahasiswa sebagai agent of change diharapkan mampu menjadi role models di lingkungan akademisi dalam Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional. Mahasiswa tidak hanya mengerti ilmu kewirausahaan dan berfikir secara intelektual, akan tetapi mahasiswa juga harus paham saat menerapkan ilmu kewirausahaan dan mengembangkan kreatifitas serta memiliki kemampuan bersaing di dunia usaha baik secara digital maupun konvensional melalui Pekan Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa ini, yang merupakan salah satu inovasi UPT TI2PB sebagai cerminan mahasiswa agar dapat berfikir kreatif & inovatif”.pungkasnya.

M. Alfin (Himpunan Mahasiswa D3 Sistem Informasi) “Pekan Wirausaha ini memberikan kesempatan kepada kami, himpunan mahasiswa untuk terlibat langsung dan berkompetisi dalam menerapkan ilmu kewirausahaan yang telah kami peroleh di kelas. Kami banyak belajar mengenai indikator kelayakan penilaian usaha yang harus kami persiapkan meliputi Marketing Mix (6P), Analisis usaha (SWOT), Manajemen (Keuangan, Pemasaran, Operasional, Team Work, Problem Solving), serta Kreativitas dan Inovatif Produk sehingga memotivasi kami unuk jadi Wirausaha Muda Dharmawangsa yang terdidik & berkarakter.(Huda)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close